Selasa, 20 September 2011

Ikeut

I K E UT
Communitas Ikeut

    Ikeut adalah salah satu aksesoris dalam hal berpakaian baik itu di gunakan dalam keadaan formal atau in formal.ikeut terbuat dari selembar kain yang bermotif .
ikeut adalah kain segi empat yang tidak terlalu lebar ukuran nya rata-rata 60 cm ada juga yang lebar tegantung keinginan dari si pemakai itu sendiri dan dalam corak pun sangat bervariasi ada yang motif tumbuha atau yang lainya.di belahan tanah nusantara ini ikeut sudah tidak asing dan biasa di gunakan.
    Ikeut berguna untuk penutup/pembungkus kepala dimana sering di sebut sebagai pelengka pakaian para kaum pria baik itu dalam acara ritual ataupun dipakai dalam kesehari-harian,ikeut di tanah jawa sendiri banyak ragam dan coraknya bahkan ada yang segi tiga sama kaki,otomatis dalam tata cara penggunaanya ada beberapa trik atau sebutan yang masing-masing daerah bebeda bentuk dan nama nya.
Kita lihat di daerah Bali ikeut sangat kental dengan kehidupan sehari-hari atau dalam keadaan acara khusus menurut keterangan yang saya pernah ketahui ikeut ada atau banyak digunakan dari tahun 1900 an ataupun bisa lebih dulu lagi.di tatar sunda sendiri ikeut sangat lah lekat dengan kehidupan baik di segmen menak atau ningrat atau pun di rakyat biasa.bahkan menurut keterangan yang saya petik dari situs atau blog tertentu di internet ikeut berfungsi juga buat penangkat dari roh-roh jahat atau hawa mistis yang negativ selain berfungsi buat ungkus kepala.


Suatu hari saya pernah bertemu dengan SEPUH /orang tua nyentrik dan penuh kharismatik berpakaian adat sunda komplit dengan ikeut sederhana menerangkan dahulu ikeut juga bisa di pakai untuk melumpuhkan lawan yang membawa senjata tajam/merebut golok lawan,sangat banyak faedah yang bisa di ambil dari kegunaan ikeut ini.
saya sangat tertarik dan tak,jub dengan apa yang dikatakan oleh beliau apalagi melihat cara nya ngangge raksukan,berpakaian sangat lah nyunda pisan.


    K.H. BUYA ROYANUDDIN AS itulah nama beliau yang ternyata sebagai AIS PANGAMPIH PADEPOKAN KURUSETRA dan Pimpinan Pondok Pesantren terpadu AL-ISTIQOMAH dari Sukabumi saya sangat beruntung dapat berkenalan dengan tokoh seperti beliau yang mendedikasikan diri dalam ilmu agama dan ngaheuyeuk seni budaya sunda.dari beliau lah saya banyak belajar tentang agama dan seni sunda bagi saya beliau adalah guru dan sudah dianggap orang tua sendiri







Contoh Ikeut Yang di Kenakan


1 komentar:

Popular Posts